• header
  • header

Selamat Datang di Website SMP NEGERI 3 SINJAI BARAT | Terima Kasih Kunjungannya.

Pencarian

Staf Pengajar

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMP NEGERI 3 SINJAI BARAT

NPSN : 40304520

Jl.Sungai Tangka Desa Bontosalama Kec.Sinjai Barat Kab.Sinjai


info@smpn3-sinjaibarat.sch.id, smpn3sinbar@gmail.com

TLP :


          

Banner

Jajak Pendapat

Apakah website ini berguna ?
Sangat Berguna
Berguna
Kurang Berguna
Tidak berguna
  Lihat

Statistik


Total Hits : 24818
Pengunjung : 11614
Hari ini : 2
Hits hari ini : 38
Member Online : 0
IP : 54.83.122.227
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Karakter Siswa Diperkuat




Salah satu fokus pemerintah di bidang pendidikan saat ini adalah pembangunan karakter siswa dengan berbagai nilai positif khas bangsa Indonesia. Karakter yang kuat diperlukan agar siswa tidak kehilangan jati diri di era persaingan global.

Pembangunan karakter penting karena saat ini kualitas interaksi sosial semakin menurun. Di banyak sendi kehidupan terjadi pergeseran nilai-nilai positif bangsa. ( Presiden Joko Widodo pada pembukaan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan. Kompas/27/01/2017).

Foto: Dokumentasi

Pendidikan karakter yang baik dapat diwujudkan dengan memaksimalkan peran sentral guru di sekolah. Guru berperan sebagai sosok yang mencerahkan, membuka alam pikir ataupun jiwa serta menanamkan nilai-nilai kebinekaan dan moralitas. Aspek karakter penting karena di era sekarang, ancaman perang tak lagi muncul secara fisik atau dipicu perebutan wilayah. Ancaman perang yang perlu diwaspadai justru muncul di bidang ideologi, ekonomi, dan sosial budaya.

Pendidikan karakter,  dapat pula ditempuh dengan mewajibkan kegiatan ekstrakurikuler agar anak-anak memiliki kegiatan yang positif. Siswa, misalnya, diajak melakukan kegiatan kemasyarakatan, seperti mengunjungi panti jompo dan kerja bakti membersihkan kampung di sekitar sekolah. Pertukaran siswa ke daerah lain juga bisa dikembangkan guna mengenalkan kebinekaan dan membuka wawasan. Bahkan, di tengah era internet, pembekalan perlu dilakukan agar siswa mampu menyaring berbagai informasi.




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas